You are currently viewing Apa itu Les IB (International Baccalaureate)

Apa itu Les IB (International Baccalaureate)

  • Post author:
  • Post category:Les
  • Post comments:0 Comments

Sebagai persiapan kuliah pada beberapa kampus ternama di luar negeri, seperti Inggris serta Amerika dan negara lainnya maka biasanya diperlukan sertifikasi IB (International Baccalaureate) yang diakui berbagai perguruan tinggi berkelas internasional hasilnya, dan sering dijadikan sebagai pertimbangan dalam seleksi mahasiswa masuk. Hal ini antara lain karena siswa yang lolos tes IB dengan skor tinggi bisa dipastikan telah memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, level fluent dan memahami setidaknya hingga 2 semester mata kuliah pada jurusan fakultas yang hendak dituju. Saat ini, les IB mulai banyak dicari untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris.

Apa Itu IB (International Baccalaureate)

IB ialah suatu kurikulum dan tes internasional bentukan suatu yayasan pendidikan di Jenewa, Swiss yang berstandar internasional. Kualitasnya sangat bagus sehingga diakui dan dipergunakan oleh berbagai institusi pendidikan di berbagai belahan dunia. IB mencakup empat program pendidikan formal sebagai berikut.

IB Primary Years Programme (PYP)

Ditujukan bagi anak berusia usia 3 tahun hingga 12 tahun. IB PYP mengajarkan siswa supaya aktif, dan peduli lingkungan, serta selalu ingin belajar dan dapat menghormati diri sendiri serta orang lain, juga mampu untuk turut berpartisipasi aktif pada lingkungan sekitarnya. Terdapat 6 subjek mata pelajaran di IB PYP yakni  meliputi language, dan social studies, serta mathematic, dan arts, juga science and personal, lalu social and physical education.

IB Middle Years Programme (MYP)

IB MYP ditujukan bagi siswa berusia 11 tahun hingga 14 tahun. Program ini, bertujuan untuk melatih siswa agar bisa menerapkan teori yang telah dipelajari sesuai minatnya pada prakteknya secara nyata. Mata pelajarannya meliputi language acquisition, dan language and literature, serta individuals and societies, dan mathematics, juga design, serta arts, juga science dan physical and health education.

IB Diploma Programme (DP)

IB DP ditujukan bagi usia 15 tahun hingga 18 tahun. Guna persiapan masuk ke perguruan tinggi tingkat dunia, yang ditempuh hingga selama dua tahun. Terdapat 6 mata pelajaran, yaitu studies in language and literature, dan language acquisition, dan individuals and societies, dan sciences, juga mathematics, serta arts. Siswa dapat memilih 3 mata pelajaran yang paling disukai, untuk difokuskan selama 240 jam, dan 3 mata pelajaran lain pada tingkat standar selama 150 jam. 

Dengan tes IB bersertifikat nya masing-masing pada akhir program, juga ada Career related Programme.

Beberapa sekolah Internasional di Indonesia ada yang menggunakan kurikulum IB, dan mesyaratkan standar tes IB dengan skor minimal tertentu sebagai syarat kelulusannya.

Apa itu Les IB

Les IB bertujuan untuk membantu siswa agar bisa meraih hasil tes IB setinggi mungkin, dengan cara berlatih berbagai kisi-kisi soal tes IB periode sebelumnya yang pernah diujikan dan diberikan tips cara menjawab berbagai soal tersebut agar bisa optimal hasilnya, meliputi manajemen waktunya dalam mengerjakan soal. Selain itu les IB juga akan membantu siswa sekolah Internasional yang menggunakan kurikulum IB agar bisa menyelesaikan project tugas sekolah yang akan bisa mendukung tambahan nilai poin kelulusan selain hasil tes soal IB. Tes IB yang dimaksud disini ialah pada tingkat IB Diploma, sebagai bekal persiapan kelulusan dan masuk ke universitas internasional favorit yang dituju.

Leave a Reply