You are currently viewing Mengenal Atap Metal Pasir, Pilihan Tepat Untuk Rumah Anda

Mengenal Atap Metal Pasir, Pilihan Tepat Untuk Rumah Anda

Dalam membangun rumah impian, kita tentu menginginkan hasil yang memuaskan. Saat ini banyak orang yang tertarik menggunakan atap metal pasir untuk bangunan rumahnya, salah satu alasannya karena material ini tidak mudah berkarat dan tahan terhadap pengikisan ilmiah akibat cuaca ekstrem maupun berubah-ubah.

Kelebihan Atap Metal Pasir

Atap dari metal pasir adalah genting penutup untuk atap yang terbuat dari metal dan logam. Jenis atap ini berbeda dengan atap metal karena memiliki lapisan kasar kasar seperti berpasir. Yang membuat permukaan atap ini terlihat berpasir adalah karena adanya campuran coraltex didalamnya.

Atap metal pasir mulai banyak diminati orang karena beberapa kelebihan yang dimilikinya seperti:

  1. Ramah lingkungan

Dilihat dari materialnya, genting ini termasuk ramah lingkungan.

  1. Tidak mudah terbakar

Genting ini memberikan perlindungan saat ada sambaran petir dan kebakaran, ini karena material dari genting ini tidak dapat menghantarkan api dan tidak mudah terbakar.

  1. Perawatan mudah

Tidak perlu perawatan yang sulit untuk genting ini, anda cukup merawatnya seperti perawatan pada genteng biasa.

  1. Dapat meredam suara bising

Genting ini dapat meredam suara bising yang jatuh pada genting, contohnya hujan yang deras.

  1. Anti Karat

Karena genting ini mengandung unsur seng, alumunium, dan lapisan anti karat, maka menjadikan genting ini antikarat.

  1. Tidak mudah lepas

Pemasangan genting ini menggunakan kunci khusus yang membuatnya terkunci kuat dan tidak mudah terlepas.

  1. Memiliki banyak pilihan

Genteng metal pasir memiliki beragam model, ukuran, ketebalan, dan warna. Anda dapat membelinya sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk ukuran atap metal pasir minimalis anda bisa memilih 2X4 atau 1X4. 2X4 artinya 2 shaf dengan 4 baris genting, sedangkan 1X4 artinya 1 shaf dengan 1 baris genting.    

Kekurangan Atap Metal Pasir

Menggunakan genteng metal pasir untuk atap anda memiliki beberapa kekurangan antara lain :

  1. Rentan terhadap tekanan

Pada genting atap metal yang berbentuk gelombang, memungkinkan terjadi retakan atau sobekan pada bagian sudut jika ketebalan genting tidak sesuai dengan standar.

  1. Mudah berlumut dan kotor

Pada permukaan yang kasar mudah sekali ditumbuhi lumut dan menjadi kotor. Ini umumnya terjadi didaerah yang lembab dengan curah hujan yang tinggi dan kemiringan atap metal pasir kurang dari 30 derajat. Anda bisa mengatasinya dengan membuat kemiringan atap anda lebih dari 30 derajat agar air hujan mudah mengalir kebawah.

  1. Warna mudah terkelupas

Untuk jenis metal pasir yang memiliki harga cenderung murah memiliki kekurangan warna mudah terkelupas, sehingga sebelum membelinya anda harus memastikannya terlebih dahulu. Banyak genteng metal pasir kualitas rendah menggunakan lapisan metal yang tipis, sehingga lapisan pasir pada permukaan genting tidak merekat dengan baik.

Leave a Reply