You are currently viewing 5 Jurus Jitu Memilih Baja Ringan Terbaik

5 Jurus Jitu Memilih Baja Ringan Terbaik

Dalam pembangunan sebuah bangunan, penggunaan baja ringan semakin digemari. Para pembangun pun berupaya mencari baja ringan terbaik agar bangunan mereka kokoh dan terlihat mewah.

Baja ringan menjadi primadona dalam pembangunan karena bobot yang enteng dan pemasangan yang mudah. Dua faktor itu membuat pamor baja ringan semakin naik daun di Indonesia.

Namun demikian, kualitas baja ringan tentunya beragam di pasaran. Kualitas itu tergantung karena adanya perbedaan harga dan komponen materialnya.

Selain itu, produsen baja ringan juga mempunyai keunggulan di setiap produk yang mereka buat. Tentunya, hal ini perlu ketelitian dalam memilih baja ringan terbaik untuk bagunan Anda.

Berikut ada lima jurus jitu memilih baja ringan terbaik untuk bangunan Anda:

  1. Harus Berstandar SNI

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih baja ringan yang sudah mendapat label Standar Nasional Indonesia (SNI). Anda harus teliti memilihnya, karena di beberapa toko bangunan ada baja ringan yang tidak memiliki label SNI.

Baja ringan terbaik harus memenuhi standar SNI 8399:2017 supaya tidak ada kerusakan pada bangunan, seperti rapuh, korosi, hingga kekuatannya yang rendah, yang bisa saja membuat baja mudah bengkok.

  1. Harus Pilih yang Bergaransi

Baja ringan dengan standar SNI selalu menawarkan garansi. Tentunya ini bisa membuat konsumen lebih terjamin dan tidak merasa khawatir dengan produk yang dibeli.

Produk yang bergaransi sangat penting karena bisa menjamin kekokohan dan sudah diuji sesuai dengan prosedur pabrik yang membuatnya.

Saat membeli produk yang bergaransi, Anda juga harus memastikan kalau toko bangunannya bersedia mengurus kerusakannya. Anda juga harus memastikan jangka waktu garansi yang diberikan agar tidak mengecewakan.

  1. Bracing Baja Ringan

Tips ketiga ini sangat penting dalam memilih baja ringan. Anda harus melakukan bracing jika penggunaan baja ringan untuk dijadikan atap bangunan. 

Anda perlu ingat, baja ringan memang kuat, tapi memiliki ketebalan yang tipis dan lebih enteng dari baja sebenarnya. Tentunya, hal ini yang membuat baja ringan perlu bracing atau penyangga yang tepat.

Dalam hal ini, bracing wajib mempunyai kualitas yang sama dengan baja ringan. Bracing-lah yang menentukan daya tahan konstruksi bangunan Anda.

  1. Pilih Baja Ringan yang Prefabrikasi

Ada baiknya, Anda membeli baja ringan prefabrikasi karena kualitasnya lebih baik jika memilih dalam bentuk potongan. Prefabrikasi merupakan metode pemasangan baja ringan dengan proses pemotongan di pabrik yang membuatnya.

Prefabrikasi mempunya tujuan supaya pemasangan baja ringan lebih efisiensi dan lebih akurat bila dibandingkan pemotongan manual yang dilakukan tukang.

Baja ringan yang sudah prefabrikasi sudah melalui pemotongan yang membuat kualitasnya berseragam. Keuntungan lainnya, pemasangan lebih mudah dan cepat selama proses konstruksi berlangsung.

  1. Cek Tegangan Tarikan

Kualitas baja ringan itu dapat dipantau dengan tegangan tarikan yang tercantum dalam produk. Perlu Anda ingat, baja ringan terbaik memiliki standar tegangan tarikan sebanyak 500 Mpa.

Semakin tinggi tegangan tarikan, semakin kuat produk baja ringan itu. Namun, pemilihan standar tegangan tarikan ini harus disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi bangunan Anda.

Itulah tips memilih baja ringan terbaik untuk bangunan Anda. Dengan kualitas terbaik, Anda bisa membuat konstruksi bangunan lebih efisien dan tentunya lebih hemat dari segi keuangan.

Leave a Reply