You are currently viewing Beli Mobil secara Tunai atau dengan Cicilan Kredit Mobil ?

Beli Mobil secara Tunai atau dengan Cicilan Kredit Mobil ?

Pesatnya pertumbuhan dan perkembangan industri mobil dan pesatnya dinamika aktivitas kehidupan masyarakat berjalan beriringan. Pertumbuhan dan perkembangan industri mobil memberi pilihan luas kepada masyarakat untuk membeli jenis mobil yang dibutuhkan. Dan pesatnya dinamika aktivitas kehidupan masyarakat menimbulkan aneka kebutuhan jenis mobil sesuai dengan aktivitasnya. Kedua hal ini saling terkait dan saling melengkapi, seperti supply dan demand. Sehingga permintaan untuk cicilan kredit mobil tinggi.

Namun bila dilihat dari sudut  pandangan kemampuan untuk mendapatkan atau membeli jenis kendaraan yang diperlukan, dari segi finansial terkadang menjadi dilema. Di satu sisi ada sebuah kebutuhan mendesak untuk memiliki sebuah mobil namun di sisi lain ada secara keterbatasan dana. Pertimbangannya akan menjadi, apakah membeli mobil secara tunai atau dengan cicilan kredit mobil?

Membeli Mobil secara Kredit

Ada sebuah keuntungan tersendiri dalam membeli mobil secara kredit. Kita tidak perlu menunggu lama sampai dana terkumpul. Dengan dana yang tersedia, sebagai DP (down payment) dapat diatur jangka waktu untuk melakukan cicilan kredit mobil. Terkadang ada momen- momen promo cicilan mobil murah atau adanya hadiah – hadiah menarik secara langsung atau undian. Dan karena melakukan pembelian secara kredit, dana tersisa dapat digunakan untuk mendukung kegiatan atau keperluan lainnya. Namun perlu diingat bahwa dana yang digunakan untuk membayar seluruh pengeluaran cicilan termasuk cicilan mobil Anda tidak melebihi dari 30 % pendapatan Anda. Jangan sampai cicilan kredit mobil menimbulkan masalah keuangan baru karena tidak sanggup membayar cicilan mobil. 

Membeli Mobil secara Tunai 

Setelah membandingkan- bandingkan harga penjualan dari beberapa dealer, Anda tinggal mendatangi dealer yang cocok bagi Anda dari segi harga, pelayanan dan hal lainnya. Dengan membeli tunai Anda dapat terhindar dari kekhawatiran gagal bayar, karena mungkin saja bisnis Anda berfluktuasi atau kondisi ekonomi global mempengaruhi pendapatan. Anda pun tenang karena bebas dari hutang, tidak dibebani oleh kewajiban membayar cicilan kredit mobil setiap bulannya walaupun cicilan mobil murah dalam jangka waktu tertentu (misalnya 12, 24, 36,48,60 atau 72 bulan). Dan karena membeli secara tunai, mungkin saja Anda mendapat diskon harga yang signifikan sehingga harganya pun menjadi spesial buat Anda. Dalam keadaan darurat saat Anda membutuhkan dana cepat, mobil dapat dijual kembali dengan cepat karena terkadang orang akan berpikir panjang untuk membeli mobil dalam status kredit over kredit. 

Menimbang membeli mobil secara tunai atau kredit, berpulang kepada situasi dan kondisi dana setiap orang. Keduanya memiliki keunggulannya masing-masing. Yang terpenting adalah keberadaan mobil kita dapat mendukung kegiatan secara fungsional, secara finansial tidak menjadi pengeluaran yang besar pasak dari tiang dan jangan sampai kita jadi tidak sanggup membayar cicilan mobil. Tetap bijak dalam memilih. 

Leave a Reply