You are currently viewing Begini Cara Menghitung Simulasi Cicilan Mobil Bekas

Begini Cara Menghitung Simulasi Cicilan Mobil Bekas

Mobil sudah jadi semacam kebutuhan sekunder saat ini, terutama di kota-kota besar seperti jakarta. Oleh karena itu jumlah orang yang membeli dan menggunakan mobil pun semakin berkembang. Namun tentu saja tidak semua orang bisa langsung membeli mobil secara tunai. Butuh yang namanya simulasi cicilan mobil bekas.

Bagi anda yang belum bisa membeli mobil secara tunai, anda bisa memperoleh mobil dengan cara kredit. Nah jika anda masih merasa ragu-ragu apakah kredit merupakan metode yang tepat untuk membeli sebuah mobil, bagaimana nanti cara mencicilnya, bagaimana jika nanti bunganya besar, tidak perlu takut lagi. 

Berikut kita bahas secara detail bagaimana simulasi cicilan mobil bekas:

  1. Perlu anda ketahui bahwa ada 3 komponen yang diperhatikan saat menghitung cicilan mobil yaitu biaya bunga, cicilan utama, dan biaya-biaya lainnya seperti administrasi, asuransi dan lain sebagainya.
  2. Misal anda hendak membeli mobil yang memiliki harga Rp 200 juta, DP yang menjadi syarat sebesar 20% dari harga mobil yang berarti 20% x Rp 200 juta= Rp 40 juta. Sehingga dari total harga mobil yang jadi plafon kredit adalah sebesar Rp 160 juta.
  3. Untuk mengetahui bunga yang harus anda bayarkan, berikut adalah cara perhitungannya: Bunga kredit yang anda tanggung misal 8% per tahun dengan masa jatuh tempo selama 3 tahun atau 36 bulan.
  4. Maka untuk perhitungannya adalah sebagai berikut: Rp 160 juta x 8 x 3/100 sehingga menghasilkan nilai Rp 38.400.000 adalah bunga yang harus anda bayar.
  5. Lalu besar angsuran bulanan yang harus anda bayar adalah sebesar Rp 160 juta + Rp 38.400.000/ 36 = Rp 5.511.200
  6. Lalu  jika premi asuransinya sebesar 9.5% per tahun dan biaya administrasinya adalah Rp 550.000 maka bisa dihitung premi asuransinya adalah sebesar 9.5% x Rp 200 juta menghasilkan Rp 19 juta
  7. Terakhir adalah sejumlah dana yang harus anda setorkan sebagai pembayaran pertama ke pihak bank atau leasing adalah sebesar: uang muka + Angsuran dari bulan awal + total premi asuransi + biaya administrasi tertanggung maka dihasilkan Rp 40  juta + Rp 5.511.200 + Rp 19 Juta + Rp 550 ribu= Rp 65.061.200
  8. Jika anda kredit mobil bekas maka jumlah yang harus anda bayarkan bisa lebih murah lagi karena setiap tahunnya harga mobil mengalami penurunan sebesar 10%.  Namun sebelum memutuskan untuk mencicil mobil bekas sebaiknya anda melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah layak jika anda membeli mobil bekas secara kredit atau sebaiknya sekalian yang baru saja.

Itulah cara bagaimana simulasi cicilan mobil bekas dilakukan. Semoga membantu.

Leave a Reply