You are currently viewing Tips Jual Deep Fryer Agar Minyak Tidak Terciprat Saat Memasak

Tips Jual Deep Fryer Agar Minyak Tidak Terciprat Saat Memasak

Masakan yang digoreng dengan teknik deep frying memang banyak disukai. Namun, teknik menggoreng dengan merendam makanan dalam minyak panas ini juga bisa membuat Anda terciprat minyaknya hingga membuat dapur menjadi kotor dan berantakan. Meski begitu, Anda bisa menggunakan tips jual deep fryer berikut untuk mengatasinya:

  1. Gunakan Deep Fryer Lebar dan Dalam 

Untuk memasak menggunakan teknik deep fryer, Anda harus pastikan alat menampung cukup minyak agar makanan bisa terendam sempurna.

Disarankan, berikan jarak 10 centimeter di antara bagian atas minyak dan bibir wajan untuk mencegah minyak tumpah dan meminimalisir percikan. Anda juga bisa menggunakan wajan dengan sisi miring dan panjang untuk deep frying.

  1. Gunakan Minyak Dengan Rasa Netral dan Titik Asap Tinggi

Gunakanlah minyak rasa netral dan titik asap tinggi, seperti minyak kacang, minyak bunga matahari, safflower, minyak kelapa sawit, atau minyak kedelai. Namun, minyak sayur juga bisa jadi alternatif untuk deep frying.

  1. Panaskan Minyak 175 Derajat Celcius

Panaskan minyak dalam deep fryer dengan panas mencapai suhu 175 derajat celcius. Namun, minyak akan mulai terbakar pada suhu 200 hingga 225 derajat Celcius.

Jika suhu minyak mencapai 175 derajat, turunkan panas. Namun jika suhu di termometer mulai turun, naikkan lagi panas hingga kembali ke suhu 175 derajat Celcius.

Jika tidak memiliki termometer, Anda bisa memasukkan spatula kayu ke dalam minyak, jika minyak di sekitar spatula mendesis dan bergelembung, artinya minyak sudah panas.

Anda juga bisa memasukkan sejumput tepung ke dalam minyak, jika langsung kecoklatan berarti suhunya terlalu panas dan Anda perlu mengecilkan api.

  1. Pastikan Makanan Kering 

Saat deep frying, masukkan bahan masakan ke dalam wajan dengan hati-hati. Anda bisa menggunakan penjepit makanan atau spatula berlubang. Namun jangan langsung memasukkan makanan ke minyak untuk meminimalisir cipratan minyak.

  1. Pastikan Wajan dan Makanan Tidak Basah

Terjadinya cipratan saat menggoreng sering disebabkan wajan yang basah atau makanan yang banyak mengandung air.

Pastikan wajan benar-benar kering dari air, dan bahan yang akan digoreng tidak mengandung air.

Itulah tips memasak menggunakan jual deep fryer agar terhindar dari cipratan minyak.

Leave a Reply