You are currently viewing Tips Menggunakan Jasa Percetakan Buku Untuk Self Publish

Tips Menggunakan Jasa Percetakan Buku Untuk Self Publish

Jika ingin menerbitkan buku sendiri, Anda harus bisa mengurusi proses percetakannya juga. Banyak orang yang ingin self publish tapi tidak tahu mengurus hal ini di jasa percetakan buku. Untuk Anda yang butuh bantuan soal hal tersebut, baca dulu artikel berikut ini!

Pastikan Ada Layanan Pengiriman Pada Percetakan

Jasa percetakan buku yang pas digunakan harus melayani pengiriman juga. Pastikan mereka bisa kirim hasil cetak ke tempat tujuan. Layanan ini tidak akan merepotkan dan permudah distribusi. Daripada repot membayar pihak lain untuk pengantaran hasil cetak, lebih baik gunakan layanan di satu tempat.

Buat Ekspektasi Rendah Untuk Jumlah Cetak Awal

Jangan berharap batch percetakan awal akan langsung laku banyak. Coba buat ekspektasi dan target printing yang realistis. Anda bisa coba target 300 buku pada awalnya untuk kebutuhan menjual di komunitas kecil. Jika jumlah permintaan meningkat, baru lakukan percetakan gelombang kedua dengan jumlah lebih banyak. Mencetak jumlah kecil akan kurangi pengeluaran awal untuk self publish.

Rencanakan Aspek Kertas Sesuai dengan Buku

Aspek kertas tidak boleh diremehkan. Buku dengan banyak tulisan pasti lebih mudah dicetak pada kertas biasa. Hal ini dapat irit pengeluaran Anda yang pasti sudah keluar banyak uang untuk self publish. Di sisi lain, untuk kualitas gambar yang bagus, pastikan memilih kertas majalah. Pemilihan kertas majalah pastikan tampilan buku cantik di tiap halamannya.

Usahakan Konsultasi dan Komunikasi dengan Pihak Percetakan

Komunikasi dan konsultasi adalah bagian penting dalam mengurusi proses cetak. Pastikan bertanya dan cari input dari pihak percetakan untuk hasilkan buku yang berkualitas. Pihak percetakan pasti berpengalaman soal cetak buku dan Anda dapat gunakan pengetahuan mereka dalam atur proses cetak buku Anda sendiri.

Menggunakan jasa percetakan untuk self publish sebenarnya tidak terlalu sulit. Selama Anda cukup research, pengurusan percetakan tidaklah ribet. Banyak resource lain dapat digunakan untuk lancar pakai jasa percetakan buku. Tips di atas adalah sebagian dari berbagai cara mengurus jasa percetakan untuk menerbitkan buku sendiri. Jadi pastikan pelajari lebih banyak soal hal ini agar lebih siap!

Leave a Reply