You are currently viewing Langkah-Langkah Pemasangan dan Perawatan Genteng Metal. Praktis, Cepat, dan Mudah!

Langkah-Langkah Pemasangan dan Perawatan Genteng Metal. Praktis, Cepat, dan Mudah!

Pemasangan genteng tentu tidak boleh sembarangan, harus memperhatikan jenis kerangka atap hingga karakter genteng yang akan digunakan. Bagi Anda yang akan menggunakan genteng metal berpasir, berikut adalah beberapa langkah pemasangan yang harus Anda perhatikan.

Peralatan

Sebelum memasang, persiapkan terlebih dahulu alat-alat yang akan digunakan, diantaranya:

  • Palu
  • Paku
  • Bor
  • Baut
  • Pemotong kerangka

Langkah-Langkah atau Cara Pasang Genteng Metal Berpasir

  1. Langkah pertama, tentukan ukuran genteng dan beban bahan yang akan Anda pasang. 
  2. Selanjutnya, Anda perlu membuat sketsa atau kerangka bagaimana posisi atau letak genteng yang akan Anda pasang.
  3. Tentukan panjang dari masing-masing kerangka atap.
  4. Kemudian, potonglah genteng sesuai dengan kebutuhan dan kerangka yang sudah Anda buat. Ketika Anda memotong lembaran genteng metal, hal yang harus diperhatikan beban topangannya. Jangan sampai salah hitung
  5. Setelah itu, ukur jarak reng genteng metal yang akan dipasang. Selain itu, ukur dan perhatikan tingkat kemiringan, luas, dan jarak antar sisi atap. Ketinggian standar reng genteng berkisar antara 30 hingga 33 derajat.
  6. Langkah selanjutnya, posisikan lembaran genteng metal, pastikan tidak miring dan tidak ada bagian yang menumpuk. Setelah itu, satukan masing-masing lembaran genteng metal tersebut menggunakan baut. 

Jika pada jenis genteng metal berpasir yang Anda gunakan sudah terdapat sekrup atau pengait, maka Anda hanya perlu mengencangkannya saja menggunakan baut. Tetapi, tidak dirasa kurang kuat, Anda bisa menambahkan untuk memasang paku.

  1. Saat memasang genteng metal, mulailah untuk memasang dari susunan paling bawah atau bagian penopangnya, kemudian dilanjutkan dengan memasang potongan kerangka lainnya, dan sambungkan kembali dengan baut.

Tips Merawat Genteng Metal

  1. Bersihkan secara Berkala

Untung menjaga permukaan genteng agar tetap enak dilihat, pastikan untuk rutin membersihkan kotoran seperti dedaunan, ranting, atau hal lain yang mungkin jatuh dan mengotori genteng kamu secara berkala dua hingga tiga bulan sekali

  1. Rutin Check-Up

Selain kebersihannya, Anda juga harus rutin mengecek apakah setiap bagian atap tetap berfungsi dengan baik seperti kemiringan genteng metal, lalu apakah posisi genteng bergeser, apakah ada yang retak, pecah, atau apakah sekrupnya ada yang kendor atau terlepas. Hal itu untuk meminimalisir kerusakan genteng dan memikirkan langkah untuk perbaikannya. 

  1. Cek Kebocoran

Tips merawat genteng metal lainnya yaitu rutin untuk mengecek kebocoran atau lubang. Apabila ada bagian yang rusak, Anda bisa langsung memperbaiki atau menggantinya agar tidak semakin parah.

Itulah langkah-langkah pemasangan hingga perawatan genteng metal yang dapat dengan mudah dan cepat Anda lakukan di rumah. Apabila Anda tidak bisa melakukannya sendiri, panggil jasa atau tukang yang profesional. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply