You are currently viewing Kenali Jenis Triplek Untuk Menyesuaikan Kebutuhan Anda

Kenali Jenis Triplek Untuk Menyesuaikan Kebutuhan Anda

Apakah anda ada rencana untuk membangun rumah? Renovasi rumah dekat-dekat ini? Masih bingung dengan pemilihan bahan material yang hendak digunakan? Mungkin anda bisa memilih triplek sebagai bahan materialnya. Selain multifungsi Harga triplek pun tergolong sangat murah dibanding harga bahan material lainnya.

Namun sebelum membeli dan menggunakan triplek, terdapat beberapa hal yang perlu anda ketahui, salah satunya adalah jenis triplek yang akan digunakan. Hal ini sangat penting karena akan berkaitan dengan tujuan anda menggunakan triplek itu sendiri.

Jenis-jenis triplek

Berikut adalah beberapa jenis triplek:

  1. Medium Density Fiberboard (MDF)

Untuk jenis yang pertama adalah MDF yang pembuatannya dilakukan dengan cara mencampurkan antara serat kay yang lunak dan yang keras lalu ditempelkan secara bersama-sama menggunakan lem.

Triplek jenis MDF ini memiliki ciri-ciri pori-porinya yang kecil dan rapat. Hal itu membuatnya sangat cocok untuk menjadi bahan utama dalam pembuatan berbagai macam furnitur rumah seperti meja belajar, menja makan, meja kecil dan lain sebagainya.

  1. Teak Block

Selanjutnya ada teak block yang terbuat dari lembaran-lembaran papan kayu jati yang sudah ditumpuk menjadi satu. Bahan dasar pembuatannya yang dari kayu jati membuat Harga triplek jenis ini cukup mahal.

Namun dibalik harganya yang mahal ada kualitas yang ditawarkan. Triplek jenis ini sangat kuat dan tahan pada gangguan rayap. Sangat cocok digunakan untuk pelapis bagian luar karena daya tahannya pada cuaca dan benturan.

  1. Block Board

Sering disebut juga sebagai triplek meranti. Dibuat dengan cara menyusun tiga buah susunan kayu yang berbeda jadi satu. Lapisan luarnya memang cukup tipis, namun anda tak perlu risau jika hendak menggunakan jenis ini karena lapisan dalamnya biasanya terbuat dari kayu akasia yang terkenal kuat, solid, dan tahan lama.

Memilih jenis triplek

Apabila anda hendak menggunakan triplek sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan anda. Misal anda butuh triplek untuk pintu bisa gunakan teakblock yang kuat dan tahan cuaca, walau Harga triplek tersebut cukup tinggi.

Leave a Reply