You are currently viewing Mengenal Apa Itu Over Kredit Rumah

Mengenal Apa Itu Over Kredit Rumah

Rumah memang menjadi salah satu kebutuhan primer serta aset yang sangat berharga. Itu sebabnya untuk mendapatkannya banyak yang lebih memilih kredit rumah mengingat harganya yang semakin hari semakin mahal. Di samping itu, dalam praktiknya terdapat istilah over kredit rumah dan jenis KPR rumah lainnya. Sudahkah Anda mengetahuinya?

Apa Itu Over Kredit Rumah?

Sesuai dengan namanya, over kredit yang berbentuk rumah merupakan sebuah proses pengambilalihan pinjaman rumah yang berasal dari pihak lain. Cara ini umumnya ditawarkan bank ketika pihak debitur gagal melakukan pembayaran cicilan yang dibebankan. 

Untuk lebih jelasnya, over kredit dalam arti lain juga merupakan cara yang erat kaitannya dengan pembelian suatu aset terkait pemindahan kredit dari debitur awal kepada debitur baru. Maka dari itu, proses over kredit rumah bisa dikatakan sebagai proses pembelian rumah dengan sistem ambil alih dari pemilik lama yang tidak berhasil membayar cicilan kredit kepada pembeli rumah baru sesuai kesepakatan. Otomatis pembayaran angsuran rumah akan diteruskan oleh debitur baru. 

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membeli rumah dengan metode pembelian peralihan kredit, Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut.

1. Harga rumah bisa lebih terjangkau

Keuntungan pertama yang akan Anda dapatkan ketika melakukan over kredit berbentuk rumah di antaranya adalah harganya yang bisa menjadi lebih murah. Hal tersebut dikarenakan sebagian biaya sudah dibayarkan oleh pembeli sebelumnya. Di samping itu, biasanya pihak bank juga akan menghitung pembeli rumah over kredit sebagai bentuk kredit baru. Dengan demikian perhitungan bunga bisa menjadi lebih sedikit dari seharusnya.

2. Sertifikat rumah bisa langsung dilakukan perbaikan balik nama

Meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa sertifikat rumah masih menjadi jaminan, tetapi Anda sudah bisa melakukan balik nama dari sertifikat rumah tersebut. Jadi, tidak perlu khawatir terkait risiko yang tidak diharapkan nantinya.

3. Kelanjutan angsuran diatasnamakan dengan nama sendiri

Kelebihan berikutnya adalah Anda bisa melanjutkan cicilan atas nama Anda sendiri. Tentu sangat berguna untuk melindungi transaksi Anda.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika memilih metode over kredit rumah untuk tempat tinggal impian.

Leave a Reply