You are currently viewing Simulasi Kalkulator Kredit untuk Mengatur Keuangan dalam Proses Pinjaman Tetap

Simulasi Kalkulator Kredit untuk Mengatur Keuangan dalam Proses Pinjaman Tetap

Proses keluar masuk uang seringkali kurang diperhatikan bagi beberapa pasangan yang telah berumah tangga. Sebagian dari mereka tidak mencatat keuangan karena dianggap ribet dan malas untuk menghitung. Terutama pengeluaran kecil-kecil, seperti membeli garam atau snack anak. Bagi yang memiliki pinjaman akan semakin kerepotan dengan kurangnya perhatian dalam mengatur keuangan. Tidak seperti kredit kepemilikan rumah yang besarannya sudah diketahui dari awal, adapun pengeluaran lainnya yang harus dicatat.

Kalkulator Kredit

Istilah ini diambil karena melihat fungsi dari kalkulator tersebut yaitu untuk menghitung kreditan. Anda bisa memanfaatkan kalkulator jenis ini untuk mengira-ngira jika ingin mengambil pinjaman. 

Pada kalkulator tersebut akan disediakan kolom simulasi guna mengatur pinjaman. Anda akan menemukan kolom Pokok Pinjaman yang diisi dengan seberapa banyak pinjaman yang akan anda ambil. Lalu, kotak Jangka Angsuran yaitu berapa kali anda ingin mencicil pinjaman tersebut.

Selain itu, anda akan menemukan kolom Bunga/Tahun. Di situ bisa diisi dengan jumlah bunga yang dikenakan kepada anda ketika melakukan pinjaman. Misalnya bunga 5%, maka anda tinggal memasukkan angka 5 saja karena formatnya sudah berupa persentase.

Terakhir, anda akan menemui kotak Tanggal Mulai yang berarti awal anda akan mengangsur cicilan tersebut. Setelah mengisi semuanya, anda tinggal klik Calculate. Hasilnya akan anda dapatkan di bawah kotak. Kalkulator kredit pemilikan rumah biasanya cara hitungnya juga mirip.

Rincian Hasil Simulasi

Setelah anda mengisi seluruh kolom yang tersedia, hasil yang muncul yaitu tabel Informasi Angsuran Anda yang disertai tanggal lunas cicilan anda. Di bawahnya terdapat Tabel Angsuran Kredit Anda yang berisikan rincian angsuran.

Jadi, rincian tersebut membahas tentang tanggal tetap dalam mengangsur cicilan, kemudian angsuran pokok yang harus dibayarkan dan angsuran bunga. Angsuran pokok dan angsuran bunga lalu dijumlahkan dan hasilnya akan dimasukkan pada kolom Total Angsuran/Bulan. Terakhir, terdapat kolom Saldo Pinjaman

Anda bisa mencoba mengisi kalkulator kredit tersebut sebagai bahan percobaan untuk mengetahui alurnya. Detail hasil angka yang keluar akan dirinci dengan jelas sesuai dengan yang anda masukkan.

Jadi, sekarang sudah bisa mulai menentukan kapan anda akan mengambil kredit pinjaman sampai waktu terakhir pembayaran cicilan. Bisa anda atur sendiri seberapa lama anda ingin mengangsurnya. Misalnya 12 kali, berarti 1 tahun dengan cicilan perbulan. Anda juga bisa menggantinya dengan 18 kali angsuran, atau kapanpun itu terserah anda.

Dengan begitu anda bisa memperkiran budget yang khusus disisihkan untuk mengembalikan pinjaman pokok tanpa perlu khawatir lagi apabila uang anda terpakai untuk yang lain. Segalanya akan menjadi lebih mudah. 

Tersedia kalkulator kredit untuk bahan simulasi menghitung berbagai bentuk cicilan, seperti kredit umum, KPR (kredit pemilikan rumah), KPR Simpel, KPM, Bunga Kredit (Flat vs Efektif), Bunga Tetap (Flat), KTA, dan Bunga Efektif. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan anda. Demikian informasi seputar kalkulator yang khusus membahas angsuran. Semoga bisa bermanfaat bagi kebutuhan anda.

Leave a Reply