You are currently viewing Begini Cara Perawatan Genset yang Wajib Dilakukan Secara Rutin

Begini Cara Perawatan Genset yang Wajib Dilakukan Secara Rutin

Generator set atau lebih kita kenal sebagai genset adalah alat yang digunakan untuk pembangkit daya listrik. Genset harus selalu berada dalam posisi normal agar dapat menghasilkan daya listrik yang optimal, Oleh karena itu perlu dilakukan perawatan genset secara rutin untuk menjaga genset tetap normal.
Cara Perawatan Genset agar Tetap Normal
Ada banyak cara yang perlu dilakukan dan diperhatikan untuk memelihara genset agar tetap menghasilkan daya listrik yang optimal. Simak penjelasannya sebagai berikut
1. Melakukan Pengecekkan Pada Sistem Pelumasan
Pelumas genset berupa oli adalah salah satu bagian penting yang harus dicek secara berkala, cara mengetahui oli pada genset yang perlu diganti adalah, jika warna oli sudah keruh maka oli tersebut perlu diganti dan jika indikator volume oli telah berkurang di bawah normal maka gantilah dengan oli yang baru.
2. Melakukan Pengecekkan Pada ACCU, Air Radiator dan Bahan Bakar Genset
Pengecekan ACCU atau aki perlu dilakukan agar genset mudah distarter, karena accu adalah penyimpan daya.  Selanjutnya pemeriksaan air radiator atau cairan pendingin, dilakukan agar genset tidak mudah rusak, pengecekannya dilakukan saat genset tidak beroperasi. Terakhir adalah pengecekkan bahan bakar genset harus dijaga agar tetap dapat beroperasi selama berjam-jam.
3. Melakukan Pengecekkan Pada Sistem Pembuangan dan Jalur-Jalur Penting Lainnya
Perawatan genset berikutnya  adalah pada sistem pembuangan, dilakukan dengan pengecekkan knalpot dan asap yang berlebih adalah indikator genset mengalami masalah. Periksalah juga jaringan kelistrikan, saklar, kabel instrument, handle dan lain-lain.
4. Memanaskan Genset Secara Rutin
Memanaskan genset adalah hal yang paling umum dilakukan untuk perawatan genset rumahan, genset portable dan jenis lainnya. Lakukan pemanasan genset paling tidak satu kali dalam seminggu, jika pemanasan ini tidak dilakukan maka genset akan mengalami penurunan kinerja, dapat dilakukan 5-10 menit agar sirkulasi genset lancar.
Di atas adalah Cara merawat genset yang sangat diperlukan agar genset yang anda gunakan dapat secara optimal menghasilkan daya listrik, selain itu perawatan rutin juga membuat genset tahan lama dan tidak cepat rusak.

Leave a Reply