You are currently viewing Cara Mempersiapkan Tempat Penyimpanan Genset Silent Indoor Secara Tepat

Cara Mempersiapkan Tempat Penyimpanan Genset Silent Indoor Secara Tepat

Seperti diketahui bersama genset silent, memang dapat digunakan dan ditempatkan tidak hanya di  luar ruangan atau outdoor, namun juga dapat ditempatkan di dalam ruangan atau indoor. Tapi ketika Anda memutuskan untuk menempatkan genset silent tersebut di dalam ruangan, ada baiknya jika memperhatikan beberapa hal berikut.

Adanya ventilasi udara

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan, ketika akan menggunakan genset silent di dalam ruangan adalah pastikan ruangan tersebut mempunyai ventilasi udara yang baik. Yang jarang orang sadari, penggunaan genset akan mengeluarkan asap yang mengandung karbon monoksida, dengan jumlah yang cukup besar. Walaupun gas tersebut tidak benar benar terlihat dan tidak berbau, namun jika dalam jumlah banyak, dampaknya cukup mematikan.

Yang artinya ketika Anda akan meletakkan genset silent ini di dalam ruangan, Anda perlu membuat saluran udara atau juga pendingin khusus, untuk genset tersebut. Agar nantinya hasil pembakarannya dapat disalurkan dengan baik. Sedangkan pendingin mampu menjaga suhu dalam ruangan tersebut tetap terjaga dari over heating.    

Akan lebih baik, jika Anda tidak menempatkan genset silent tersebut di ruangan tertutup, walaupun digunakan untuk indoor atau dalam ruangan. Dengan demikian sirkulasi udara untuk genset tersebut tetap terjaga dengan baik, dan udara di dalam ruangan atau dalam rumah juga akan tetap terjaga dengan baik.

Pastikan ruangan tidak bocor

Hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan genset silent didalam ruangan adalah, pastikan ruangan tersebut bebas bocor, terutama pada saat hujan turun. Bukan tanpa alasan, karena hal tersebut memang cukup berbahaya, agar tidak terjadi kebakaran atau korsleting listrik. Akan lebih baik, jika Anda meletakkan genset tersebut dalam ruangan yang kering, dalam hal ini Anda dapat memberikan alas berupa papan tepat di bawah genset, agar genset tetap kering, dan tidak lembab.

Adapun genset silent, ini memang paling sering digunakan untuk indoor, lantaran genset yang satu ini sudah dilengkapi dengan kanopi dinding genset. Pelindung tersebut yang sedikit banyak mampu meredam suara genset agar tidak terlalu bising, atau dengan kata lain suara mesin dapat diredam dengan baik, pada saat genset sedang menyala.

Leave a Reply