You are currently viewing Ketahui Kekurangan Menabung di Bank Umum Syariah dan BPR

Ketahui Kekurangan Menabung di Bank Umum Syariah dan BPR

Sudah pasti semua layanan jasa memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk menabung di Bank Umum Syariah dan BPR. Meskipun sama-sama digunakan sebagai tempat transaksi keuangan tentu keduanya memiliki kekurangan masing-masing. Itulah yang akan menjadi salah satu perbedaan bank konvensional bank syariah dan bpr.

Kekurangan Menabung di Bank Umum Syariah

Di bawah ini adalah beberapa kekurangan menabung di bank umum syariah, antara lain yaitu:

  • Jumlah Bank masih sedikit

Seperti yang Kita ketahui jumlah bank syariah dibandingkan dengan bank konvensional jauh lebih sedikit. Begitupun juga untuk tempat penarikan ATM yang sedikit, hal ini lah yang dapat memicu nasabah bank syariah mengalami kesulitan akses.

  • Sistem bagi hasil membutuhkan perhitungan yang lebih rumit

Karena sesuai dengan prinsip Islam yang mana harus adil dalam sistem bagi hasil, maka perhitungannya pun harus dilakukan dengan teliti sehingga lebih rumit. 

  • Peminjaman uang terbilang mahal

Kita tahu bahwa market share bank syariah ini masih sangat rendah dibandingkan dengan bank konvensional. Sehingga peminjaman uang di bank syariah jauh lebih mahal karena keterbatasan dana yang dihimpun.

Kekurangan Menabung di BPR

Untuk menemukan kembali perbedaan bank konvensional bank syariah dan bpr, bisa dilihat lewat kekurangan menabung di BPR berikut ini:

  • Tidak mempunyai ATM, Kartu Kredit, dan e-banking 

Berbeda dengan menabung di bank umum syariah maupun bank konvensional lainnya, di BPR tidak memiliki ATM dan juga e-banking. Sekalipun ada masih jarang sekali Kita temukan.

  • Bank ini bersifat lokal atau jaringannya sedikit

Karena fokus BPR melayani area mikro atau lokal maka jarang sekali ditemukan di kota-kota besar. Jadi, dapat dikatakan jaringannya sedikit karena memang BPR melayani wilayah yang belum terjangkau bank umum.

  • Rentan terjadinya kecurangan petugas 

Adanya layanan jemput bola bisa saja menjadi peluang dilakukannya tindak kecurangan oleh petugas. Maka dari itu Jika Anda sebagai nasabah BPR pastikan untuk menggunakan layanan jemput bola hanya ketika diperlukan saja. 

Itulah beberapa ulasan kekurangan menabung di bank konvensional bank syariah dan BPR, Sekian dan Terimakasih.

Leave a Reply